Resolusi Kecam Islamofobia, PBB Setuju, AS Mengkritik



Dewan HAM PBB menyetujui resolusi yang mengecam Islamofobia di sejumlah negara Barat, termasuk mengecam larangan menara masjid di negara Swiss. Resolusi itu lagi-lagi mendapat reaksi negatif dari AS, yang kemarin juga memveto kecaman terhadap kebrutalan Israel di Jalur Gaza.
Resolusi itu menyatakan "mengecam keras larangan pembangunan menara di masjid-masjid dan tindakan-tindakan diskriminasi lainnya yang terjadi belakangan ini" dan menyebut sikap semacam itu sebagai "manifestasi dari Islamofobia dan sangat bertentangan kewajiban akan hak-hak asasi manusia terkait kebebasan beragama."
Dewan HAM dalam resolusinya menegaskan bahwa sikap Islamofobia hanya akan memicu munculnya diskriminasi, ekstrimisme dan persepsi yang salah, yang mengarah pada polarisasi dan fragmentasi dengan konsekuensi yang tidak terduga dan tidak diinginkan.
Resolusi itu juga menyatakan "keprihatinan yang dalam ... karena Islam secara salah dan seringkali diasosiasikan dengan pelanggaran hak asasi manusia dan terorisme."
Sekitar 20 negara mendukung resolusi yang bertajuk "Melawan Fitnah terhadap Agama-Agama" itu, 17 negara menentang dan 8 negara menyatakan abstein. Negara AS mengkritik resolusi itu dan menilai resolusi tersebut sebagai "instrumen untuk memecah belah." (ln/prtv)
Sumber : Eramuslim

0 komentar:

Posting Komentar