Manusia Terkecil Mahir Karate



KATHMANDU, KOMPAS.com — Khagendra Thapa Magar tidak sabar menunggu empat bulan lagi, yaitu saat usianya menginjak 18 tahun. Bagaimana tidak, remaja asal Nepal ini akan dinobatkan sebagai manusia terpendek di dunia.

Saat ini, tinggi Magar hanya 51 cm dan bobotnya 4,5 kg. Namun, dengan postur semungil bayi yang baru lahir itu, Magar sudah sangat tenar di Nepal.

Ia menjadi pesohor baru. Meski belum ditetapkan oleh Guiness Book of Record, para politisi Nepal sudah menyebutnya sebagai manusia terkecil. ”Beratnya waktu lahir cuma 600 gram. Seperti melihat anak ayam yang baru menetas,” kata ibu Magar, Dhana Maya Thapa Magar (36), ketika ditemui di rumahnya di Distrik Baglung, 125 km dari ibu kota Nepal, Kathmandu, beberapa waktu lalu.

Bagaimanapun kondisi bayi yang jauh dari normal itu membuat Dhana syok. Ia mengaku sempat malu atas kondisi anaknya dan itu membuatnya enggan keluar rumah. ”Namun, sekarang, yang ada hanya rasa bangga dan ingin cepat-cepat mendengar dia dinobatkan sebagai manusia termungil di dunia,” katanya.

Dari sisi medis, belum jelas penyebab tidak berkembangnya tubuh Magar. Namun, para dokter di Nepal yakin kondisi itu disebabkan tidak berfungsinya kelenjar pituirari. Meski begitu, keluarga Magar yakin bahwa remaja itu sehat-sehat saja. Bahkan, mereka mendirikan Yayasan Khagendra Thapa Magar untuk mempromosikan upaya mereka memecahkan rekor itu.

0 komentar:

Posting Komentar