Hormati Syaikh Tantawi, Kementerian Wakaf Mesir Serukan Shalat Ghaib



Kementerian Wakaf Mesir secara resmi menyerukan kepada seluruh masjid-masjid yang berada di Mesir yang berjumlah sekitar 104 ribu untuk melakukan shalat ghaib pada hari Jumat ini (12/3/2010) sebagai penghormatan terakhir atas spirit Imam besar yang juga Syaikhul Al-Azhar, Dr. Muhammad Sayyid Tantawi, yang meninggal pada Rabu pagi lalu di Arab Saudi.
Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kementerian Wakaf menyatakan: "Kementerian Wakaf menyerukan agar masjid-masjid Mesir melaksanakan shalat Ghaib dan berdoa sebagai penghormatan atas semangat dan pelayanan terhadap Islam dan umat Islam, kepada almarhum Dr. Muhammad Sayyid Tantawi, Syaikhul Azhar."
Dalam pernyataan itu juga, kementerian wakaf Mesir meminta para imam/khatib Jumat untuk mengangkat kepribadian Syaikh Tantawi dalam usahanya membela kebenaran dan kemenangan Islam serta atas peran pentingnya dalam melayani permasalahan bangsa dan juga melakukan pembaruan pemikiran keagamaan atas dasar prinsip-prinsip dan pemikiran Islam yang moderat, pada khutbah kedua sholat Jumat.
Sedangkan Syaikh Shalah Nassar, ketua dari ulama Al-Azhar akan menyampaikan khutbahnya di masjid Al-Azhar pada Jumat ini, dengan mengangkat topik yang didedikasikan kepada almarhum Syaikh Tantawi dalam upaya-upaya ilmiahnya mengembangkan tajdid dan penyebarluasan budaya dialog dengan orang lain serta pengembangan Islam moderat di Al-Azhar. (fq/iol)

0 komentar:

Posting Komentar