Mantan Wapres Muslim Bosnia-Croatia Dibebaskan



Mantan Presiden Muslim Bosnia-Croatia, Ejup Ganic oleh pengadilan kejahatan PBB di Hague (Belanda), dibebaskan dari tuduhan melakukan kejahagtan perang.
Sementara itu, Pengadilan Tinggi Inggris, Kamis dengan jaminan telah membebaskan mantan Wapres Muslim Bosnia-Croatia Ejup Ganic, yang di tahan di bandara Heathrow atas tuduhan melakukan kejahatan perang terhadap tentara Serbia, semasa perang di wilayah negara itu.
Pemimpin Muslim Bosnia, Ejup Ganic (64), di tahan di bandara Heathrow, London, sejak tanggal 1 Maret lalu, karena ia dituduh menyerang pasukan Serbia di ibukota Bosnia, Sarajevo. Ganic dituduh memerintahkan pasukan Muslim Bosnia menyerang konvoi pasukan Serbia-Yugoslavia, yang mulai mundur dari ibukota Sarajevo, tahun 1992.
Ganic, yang menjadi pejabat presiden Bosnia, tak lama, sesudah Presiden Bosnia, Izetbegovic di culik. Beograd menuduh Ganic memerintahkan pembunuhan terhadap lebih dari 40 tentara Serbia, saat berlangsung iring-iringan konvoi, meninggalkan ibukota Sarajevo.
Sementara itu, Ganic diijinkan tinggal di London dengan pengawasan polisi, dan mantan pemimpin Muslim Bosnia itu, harus membayar jaminan sebesar 300,000 pound (450,000 dolar). (m/wb)

0 komentar:

Posting Komentar