Jangan Lakukan Ini di Kantor!


Bekerja di dalam ruangan kantor memang kadang menjemukan dan melelahkan. Saking lamanya kita duduk pun biasanya membuat kita jadi malas berdiri walaupun hanya untuk meregangkan otot-otot tubuh sekalipun. Dan lagi, suasana yang membosankan menimbulkan keinginan besar untuk membuatnya sedikit panas. Hal-hal seperti inilah yang sebaiknya dihindari di dalam kantor.



Menahan Kencing
Ruangan yang cukup besar dan penuh orang serta toilet yang letaknya jauh dari posisi duduk kita membuat kita tak jarang merasa malas untuk pergi ke sana. Alasan paling kuat biasanya adalah karena merasa segan bolak balik jalan ke sana ke mari untuk pergi ke toilet. Padahal, menahan kencing adalah kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan. Air kencing yang kita keluarkan akan membilas saluran kemih, termasuk kuman-kuman yang ada di dalamnya. Jika air kencing ditahan, maka kuman-kuman tersebut akan naik sampai kandung kencing, bahkan kadang-kadang sampai ke ginjal, dan menyebabkan infeksi kandung kencing atau infeksi ginjal.
Air kencing juga mengandung berbagai macam zat dan mineral, yang jika mengendap lama akan membentuk batu. Jadilah kita terjangkit penyakit batu ginjal. Jadi, nggak usah terlalu membesarkan rasa malu atau segan karena bolak balik jalan ke kamar kecil, daripada kena batu ginjal kan?
Bergosip
Suasana kantor yang setiap hari begitu-begitu saja memang membosankan. Pastinya tergelitik rasa untuk 'memeriahkan' suasana. Biasanya, timbullah benih-benih gosip yang selalu asyik untuk diomongkan. Jika memang ada seseorang yang tidak kita sukai melakukan suatu hal yang tidak benar, langsung kita akan membicarakannya dengan teman kita, biasanya dengan menambah-nambahkan bumbu agar lebih 'sedap.' Terciptalah sebuah gosip, dan menyebar ke seluruh kantor. Ada orang yang cuek bebek menanggapi sebuah gosip tentang dirinya ataupun tentang orang lain, namun ada yang merasa amat tertekan jika dirinya menjadi korban gosip. Akibatnya, bisa saja dia jadi tidak tenang dalam bekerja, tidak konsentrasi, tidak semangat, bahkan bisa sampai mengundurkan diri dari kantor. Itulah kenapa hindari membicarakan gosip di dalam kantor, nggak mau harus mendadak resign hanya karena jadi korban gosip kan?
Tidur di Jam Kantor
Kantor adalah tempat untuk bekerja, jadi manfaatkanlah jam kantor dengan sebaik-baiknya sehingga kita bisa pulang tepat pada waktunya. Bukannya mentang-mentang lagi nggak ada kerjaan, lalu kita tinggal tidur dengan alasan biar fresh kalau kerjaan sudah datang. Tidur di kantor bukannya membuat badan dan pikiran kita jadi fresh, tapi malah bisa mengganggu keefektifan dan keefisienan kerja kita. Tidur yang baik adalah tidur yang dilakukan dengan tenang, rileks, dan tidak diburu waktu. Jika kita tidur dengan masih kepikiran kerjaan dan merasa was-was jika terlalu lelap sehingga melewati jam kantor, badan kita malah tidak akan merasa segar dan bugar saat terbangun nantinya. Jadi, gunakan waktu di rumah untuk beristirahat semaksimal mungkin sehingga tidak mengganggu jam kerja di kantor. (kpl/npy)

Sumber : www.kapanlagi.com 

0 komentar:

Posting Komentar