Tolak di 'Scan' di Bandara, Seorang Muslimah Dilarang Naik Pesawat



Scanner tubuh yang sekarang di pasang di bandara-bandara AS dan Eropa mulai menghasilkan korban. Seorang juru bicara bandar udara Manchester pada hari Rabu kemarin (3/3) menyatakan bahwa salah seorang perempuan muslim yang akan menaiki pesawat Pakistan International Airlines yang akan terbang ke Pakistan, terpaksa harus dilarang untuk ikut dalam penerbangan tersebut, setelah ia menolak melewati scanner tubuh yang ada di bandara.
Muslimah tersebut telah diperingatkan oleh aparat keamanan bandara, apabila dia tidak mau melewati scanner tubuh maka tiket penerbangannya akan hangus dengan kata lain dirinya tidak bisa melanjutkan penerbangannya ke Pakistan.
Dan teman perempuan muslimah tersebut juga meninggalkan bandara, setelah dia mengatakan bahwa dirinya juga tidak mau melewati mesin scanner karena alasan medis, karena dirinya khawatir terkena infeksi.
Juru bicara bandar udara Manchester mengatakan: "Dua orang penumpang perempuan yang telah membeli tiket untuk terbang dari terminal 2 menolak untuk melewati mesin scanner tubuh dengan alasan keagamaan dan medis."
"Sesuai dengan petunjuk dari pemerintah terkait scanner ini, maka mereka kami tidak izinkan untuk menaiki pesawat terbang."
Aparat keamanan bandara menggunakan mesin sinar-X untuk memeriksa setiap senjata atau bahan peledak yang tersembunyi di barang maupun tubuh penumpang pesawat, namun tindakan ini telah mengundang kritik karena hasil scanner di monitor bisa memperlihatkan bagian-bagian 'sensitif' dari para penumpang. Aktivis kebebasan sipil telah mengecam scanner tersebut sebagai sebuah serangan terhadap kebebasan pribadi.
Pemerintah Inggris pada bulan lalu, mulai menerapkan prosedur pemeriksaan ketat terhadap para penumpang dengan harus melewati mesin sinar X seharga 80.000 poundsterling di bandara Heathrow dan Manchester. Lebih dari 15.000 orang telah melewati pemeriksaan pada mesin scanner tubuh di terminal 2 Bandara Manchester.
Sebelumnya dewan fiqh Amerika Utara telah mengeluarkan fatwa yang mengharamkan umat Islam melewati mesin scanner tubuh, karena seluruh aurat umat Islam baik pria maupun wanita akan terlihat di monitor dari alat itu, dan mereka menganggap hal tersebut sebagai tindakan yang bertentangan dengan ajaran Islam. (fq/imo/alqudsalarabi/tlgrp)

0 komentar:

Posting Komentar