MITOS VS FAKTA



Makan kentang
Mitos  : Hindari memakan kentang, kerena kentang menggemukkan.
Fakta  : Menurut penekitian kentang ternyata merupakan sumber karbohidrat tinggi yang mengisi bahan baker dalam tubuhdari otak ke otot. Yang menjadi masalah hanyalah cara memasaknya. Hindari menggoreng kentang dengan minyak tak jenuh karena akan melipatgandakan kalori yang nasuk.

Sirip ikan hiu
Mitos  : Makan sup sirip ikan hiu membuat tubuh bugar dan awat muda.
Fakta  : Tidak benar. Memang makanan ini tergolong mewah, dan biasanya disajikan di restoran China. Menurut penelitian hiu merupakan ikan yang lama hidup, dan tubuhnya sakat peka menyerap kandungan merkuri dan logam yang ada di laut, yang justru berbahaya bagi manusia. Kandungan itu akan menyatu dengan semua bagian tubuhnya dan susah hilang. Menyantap bagian tubuh hewan ini sama saja dengan menyantap semua bahan kimia dan logam yang terkandung di tubuhnya selama hidupnya.

Kulit panas
Mitos  : Bila olah raga kulit terasa panas, maka lemak tubuh mulai luntur.
Fakta  : Tidak benar. Tanda-tanda perginya lemak dari tubuh tidak kentara. Sensasi panas yang anda rasakan ketika latihan angkat beban atau aerobic diakibatkan oleh suhu tubuh yang meningkat. Detak jantung yang meningkat menyebabkan peredaran darah berlangsung lancar dan cepat. Inilah yang membuat temperature tubuh anda naik sehingga menimbulkan panas di kulit.

Kurang tidur
Mitos  : Kurang tidur bisa menyebabkan orang tua sebelum waktunya.
Fakta  : Benar. Kurang tidur tidak hanya menyebabkan orang tua sebelum waktunya tetapi juga memicu munculnya berbagai penyakit serius. Sebuah penelitian yang dilakukian oleh ilmuan di University of Chicago, menemukan bahwa pria-pria  muda yang menjadi subjek penelitian mereka itu mulai mengalami tanda-tanda penuaan sesudah mereka hanya tidur selama empat jam saja dalam seminggu. Jadi paling tidak, dalam satu minggu tidurlah 12 jam selama beberapa malan saja. Atau, kalau itu masih belum bisa dilakukan, tidur delapan jam sehari pun bisa membantu anda awat muda dan terlihat segar.

Makam ikan
Mitos  : Lemak ikan bukan hanya enak tapi juga bermanfaat untuk kesehatan
Fakta  : Benar. Dari hasil peneliatian ilmuan di Swedia menemukan bahwa lemak ikan dapat menurunkan risiko terkena kanker prostate. Manfaat tersebut bisa diperoleh terutama jika rajin memakan ikan salmon, apalagi jika dibarengi dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah serta mengurangi rokokdan makan daging merah. Menurut mereka lemak ikan banyak mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel prostate. Para pria yang tidak pernah mengkonsumsi ikan mempunyai risiko lebih tinggi hingga dua kali lipat dibanding mereka yang sering makan ikan.

Makanan orang barat.
Mitos  : Makanan dan minuman orang barat cenderung tidak sehat.
Fakta  : Tidak semua semuanya. Tapi khusus yang fast food adalah benar. Ada anjuran untuk kita mengurangi makanan cepat saji alias fast food mulai sekarang. Menurut beberapa penelitian, terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji bisa menambah kolesterol darah dan memicu terjadinya penebalan arteri, jantung koroner dan strok. Jadi paling tidak, kurangilah makanan tersebut jika anda masih sulit untuk meninggalkannya sama sekali. Ganti minuman bersoda dengan air mineral saat makan makanan itu. Langkah ini perlu ditrmpuh demi kesehatan anda.



Adinda
 ( dari berbagai sumber )

0 komentar:

Posting Komentar