APA DAN BAGAIMANA SANTAN INSTAN


Assalamualaikum Wr, Wb. Ketemu Lagi kita Sahabat Darussalam di rubric imfo keluarga. Kali ini saya ingin mamberikan info seputar santan instan, yang mudah di gunakan dan yang pasti tidak membuat tangan anda kotor atau pegal ( uyuh ).
            Sahabat, yang namanya santan banyak sekali kegunaannya, dari mencuci dan merawat rambut, campuran minuman, sampai untuk mengolah makanan, baik dalam bentuk encer maupun kental.
            Kadang anda ingin memasak sesuatu yang bersantan dan biasanya untuk mendapatkan santan yang baik kita-kita kudu kupas dan memarut kelapa. Lalu gimana jika masakan anda di kejar jam tayang untuk segera dihidangkan di atas meja makan, repoooot, itu pasti.
            Padahal hari gini hal itu tidak perlu terjadi. Karena beberapa produsen mengeluarkan santan dalam bentuk instan. Tinggal menambahkan air panas sesuai takaran, santan instan bisa langsung digunakan sesuai kebutuhan.

Macam-macam bentuk santan instant
            Sahabat Darussalam santan instan yang sekarang beredar di pasaran dijual dalam berbagai bentuk dan kemasan. Ada yang berupa tepung atau serbuk kering dan ini biasanya di jual dalam kemasan saset. Ada juga santan instan yang berupa cairan kental. Biasanya dijual dalam kemasan kaleng dan kardus.
            Setiap kemasan berbeda jumlah kelapa yang digunakan. Paling sedikit satu buah (200 cc) dan terbanyak empat kelapa (500 cc). Begitu juga dengan kandungan bahanya, disesuaikan dengan bentuknya, bubuk atau cair.

Bagaimana pemakaian santan instant
            Sahabat Darussalam, pada dasarnya menggunakan santan instan sama saja, tinggal di tambah air panas sesuai ukuran yang disarankan di kemasannya.
            Untuk santan dalam bentuk serbuk, santan harus di larutkan terlebih dahulu sebelum di gunakan. Cairan santan harus ditambah air kerena biasanya sangat kental. Setelah itu, anda bisa olah sesuai resep, apakah untuk makanan, minuman, dan sebagainya. Namun sahabat, untuk campuran minuman, sntan instan dididihkan terlebih dahulu agar tidak basi dan terasa anta.
            Jika sahabat Darussalam menggunakan santan instan hendaknya langsung habis, jika terpaksa harus bersisa, simpanlah dengan baik. Tempatkan serbuk santan dalam wadah tertutup dan simpan di tempat yang kering. Untuk santan cair masukkan dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari es tidak lebih 2 hari. Ingat sahabat, hindari wadah almunium atau besi karena santan bisa terkontaminasi zat kimia yang terkandung dalam logam.

Setuju atau tidak
            Sahabat durussalam, meskipun sudah ada yang instan, terkadang sebagian besar orang masih tetap membutuhkan kelapa segar untuk diparut, dan diambil santannya. Jika terpaksa saja mereka pakai yang instan.
            Bedanya, kelapa jika sudah diparut harus segera digunakan. Lebih dari sehari akan basi, biarpun sudah disimpan dalam lemari pendingin.
            Untuk mengolah makanan sih memang lebih mantap jika menggunakan santan segar. Rasanya jika sudah matang jelas beda. Tapi, bagi yang bekerja sehingga tak punya banyak waktu atau suka  hal-hal yang praktis biasanya memilih yang instan.


Adinda
Sumber : majalah Lisa

1 komentar:

Khairil Anwar mengatakan...

haloooo darussalam .buka juga y www.makalahnet.blogspot.com dan www.bemstis.blogspot.com

oh ya di maa dapat layotnya kerenloh .bls y

Posting Komentar